Perbedaan Antara Artikel Dan Berita - PPPK SDN KUALA TUHA

Update

Agus Saputra, S.Pd.I // Guru Kelas VI

Perbedaan Antara Artikel Dan Berita



Perbedaan Antara Artikel Dan Berita

Saat ini masih banyak yang belum mengetahui Perbedaan Antara Artikel Dan Berita, karena keduanya sangat penting untuk dibedakan agar tidak terjadi salah arti. Berikut ini pengertian artikel dan berita serta perbedaan keduanya.


Artikel

Artikel merupakan sebuah karangan faktual lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan melalui surat kabar, majalah, blog, website, dan sebagainya. Yang bertujuan untuk menyampaikan ide dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Isi artikel bisa bermacam-macam, beberapa contoh yang sering kita baca di beberapa media yaitu tentang sejarah, petualangan, hasil penelitian, argumentasi, ataupun pedoman dalam melakukan sesuatu.

Penulis artikel adalah orang atau individu yang berperan dalam menyusun sebuah tulisan, menggabungkan beberapa kata menjadi kalimat yang menarik dan mudah dibaca sehingga pembaca merasa dapat mengetahui apa yang sebelumnya tidak mereka ketahui.

Dalam pembuatan artikel biasanya bisa berasal dari pengalaman seseorang, imajinasi, pengetahuan umum, atau penelitian ilmiah dari seseorang. Ada juga yang mengatakan bahwa artikel adalah karangan yang berupa penyajian ide atau fakta yang obyektif dengan tujuannya untuk meyakinkan, membujuk, dan menghibur pembaca.

Konten yang disajikan dalam sebuah artikel bisa bermacam-macam, tergantung topik yang dibicarakan. Beberapa contoh artikel yang sering dipublikasikan melalui berbagai media adalah:

  • Informasi sejarah
  • Hasil penelitian
  • Argumen tentang masalah tertentu
  • Pengalaman seseorang
  • Tutorial atau panduan yang mengajarkan sesuatu kepada orang lain

Apa saja karakteristik artikel yang membedakan artikel dengan berita?

Karakteristik artikel adalah sebagai berikut:

  1. Secara umum artikel dibuat ringkas, ringkas, jelas, dan teliti.
  2. Konten yang disajikan dalam artikel didasarkan pada fakta, bukan fiksi atau mitos, yang kebenarannya patut dipertanyakan.
  3. Sebuah artikel bisa berisi opini dan analisis, tetapi harus berdasarkan teori dan data yang valid.
  4. Penulisan artikel biasanya menggunakan bahasa yang resmi, serta kalimat yang logis dan efektif.
  5. Untuk metode penulisan artikel dibuat secara sistematis agar pembaca bisa memahami isinya dengan mudah.


Berita

Yang dimaksud teks berita adalah informasi baru tentang sesuatu yang sedang terjadi, bisa disajikan melalui bentuk cetakan, internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau kepada banyak orang. Stasiun televisi biasanya memiliki program berita atau menyiarkan berita sepanjang waktu. Kebutuhan akan berita ada di masyarakat, baik yang melek huruf maupun yang buta huruf.

Sebuah cerita harus dibenarkan agar benar, aktual, dan informatif. Kualitas berita tentunya harus memenuhi kriteria umum penulisan yaitu 5W + 1H (apa, siapa, kapan, dimana, kenapa, dan bagaimana), semua unsur tersebut harus ada dalam pemberitaan.


Perbedaan antara berita dan artikel

  1. Berita menginformasikan kejadian aktual sedangkan artikel menginformasikan kejadian faktual. Aktual artinya Lancar dan Faktual artinya Nyata.
  2. Berita wacana tidak disertai dengan analisis informasi, sedangkan artikel wacana disertai analisis informasi.
  3. Berita dibentuk oleh redaktur (pengelola media) sedangkan artikel dibentuk oleh pakar di bidangnya atau pemerhati masalah.
  4. Berita memenuhi konsep 5W + 1H sedangkan artikel memenuhi konsep 2W + H (What, Why, dan How)
  5. Dalam pemberitaan, cara yang khusus menampilkan proses kejadian sedangkan artikel tidak khusus untuk proses kejadian tetapi menyarankan solusi dari masalah yang dibahas.