Kalimat utama dan gagasan utama - PPPK SDN KUALA TUHA

Update

Agus Saputra, S.Pd.I // Guru Kelas VI

Kalimat utama dan gagasan utama



Kalimat utama dan gagasan utama adalah dua konsep penting dalam penulisan dan pembacaan artikel karena keduanya berkontribusi dalam membentuk struktur dan pemahaman yang jelas dalam tulisan.


1. Kalimat Utama:

Kalimat utama atau topik kalimat adalah kalimat yang menjadi inti dari paragraf atau bahkan keseluruhan artikel. Kalimat ini merangkum atau mengungkapkan ide sentral yang akan dibahas dalam paragraf yang bersangkutan. Adanya kalimat utama membantu pembaca untuk fokus pada pokok pembahasan.


Contoh: 

"Dalam artikel ini, kita akan membahas dampak pemanasan global terhadap lingkungan dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengurangi hal tersebut."


Dalam contoh di atas, kalimat utama adalah "dampak pemanasan global terhadap lingkungan dan langkah-langkah untuk menguranginya." Kalimat ini mengindikasikan kepada pembaca bahwa artikel ini akan membahas tentang dampak buruk pemanasan global pada lingkungan, serta solusi untuk menguranginya.


2. Gagasan Utama:

Gagasan utama adalah ide pokok yang mendukung dan mengembangkan kalimat utama. Gagasan utama memberikan penjelasan, contoh, atau argumen yang mendukung kalimat utama tersebut. Gagasan utama membantu dalam menjelaskan dan mengembangkan topik yang sedang dibahas.


Contoh:

"Dalam beberapa dekade terakhir, pemanasan global telah menyebabkan peningkatan suhu bumi yang signifikan. Ini mengarah pada perubahan iklim dramatis, seperti pencairan es di kutub, kenaikan permukaan air laut, dan cuaca ekstrem yang semakin sering terjadi."


Dalam contoh di atas, kalimat utama adalah "dampak pemanasan global terhadap lingkungan dan langkah-langkah untuk menguranginya," sedangkan gagasan utama yang mengembangkan kalimat utama tersebut adalah perubahan iklim dramatis akibat peningkatan suhu bumi.


Kombinasi antara kalimat utama dan gagasan utama membentuk struktur tulisan yang jelas dan terorganisir. Kalimat utama memberikan arah dan fokus, sedangkan gagasan utama memberikan dukungan dan penjelasan yang diperlukan.