Laporan Pelatihan Quizizz oleh Agus Saputra, S.Pd.I - PPPK SDN KUALA TUHA

Update

Agus Saputra, S.Pd.I // Guru Kelas VI

Laporan Pelatihan Quizizz oleh Agus Saputra, S.Pd.I

A person standing in front of a table

Description automatically generated



Laporan Pengimbasan Digitalisasi Pembelajaran Guru SD


Pelatihan Quizizz oleh Agus Saputra, S.Pd.I

kepada Guru SD Negeri Kuala Tuha Kec. Kuala Pesisir Kab. Nagan Raya

29 Agustus 2023



Pengantar:

Pendidikan adalah salah satu aspek terpenting dalam pengembangan diri. Dengan teknologi semakin merasuk ke dalam dunia pendidikan, banyak platform pembelajaran online yang muncul. Salah satu platform yang semakin populer adalah Quizizz. Dalam materi pelatihan ini, kita akan menjelajahi Quizizz, platform pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa dan guru untuk meningkatkan hasil belajar mereka.


Apa Itu Quizizz?


Quizizz adalah platform pembelajaran online yang didirikan pada tahun 2015. Tujuannya adalah untuk membuat pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan efektif bagi siswa. Salah satu keunggulan utama Quizizz adalah fleksibilitasnya. Guru dapat membuat kuis atau ujian dengan mudah dan siswa dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun yang terhubung ke internet. Ini memungkinkan pembelajaran yang terjangkau dan mudah diakses.


Fitur Utama Quizizz


  1. Pembuatan Kuis yang Mudah: Guru dapat membuat kuis dengan cepat dan mudah. Mereka dapat mengimpor pertanyaan atau membuat pertanyaan mereka sendiri sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran.

  2. Mode Multi-Pemain: Salah satu fitur menarik Quizizz adalah mode multi-pemain yang memungkinkan siswa bermain bersama-sama dalam kuis secara real-time. Ini menciptakan persaingan yang sehat dan menghibur di kelas.

  3. Pelaporan Hasil: Setelah kuis selesai, Quizizz memberikan laporan hasil yang rinci kepada guru. Ini membantu guru untuk memahami di mana siswa mungkin memerlukan bantuan tambahan.

  4. Database Pertanyaan Publik: Quizizz memiliki database pertanyaan publik yang besar yang dapat digunakan oleh guru untuk menghemat waktu dalam pembuatan kuis.



Dalam sesi pelatihan ini, materi menjadi tiga bagian, yaitu:


  1. Membuat akun Quizizz

Diharapkan seluruh peserta yang hadir dapat membuat akun Quizizz. Pemateri akan membantu guru dalam pembuatan akun Quizizz, mulai dari mengakses situs www.quizizz.com hingga pembuatan akun selesai. 


  1. Membuat soal di Quizizz.com

Setelah seluruh peserta membuat akun di www.quizizz.com, pemateri akan memberikan materi bagaimana cara untuk membuat soal. Pemateri akan mendampingi hingga seluruh peserta mampu untuk membuat soal secara mandiri.


  1. Memulai soal quizizz.com

Setelah proses pembuatan soal selesai, pelatihan dilanjutkan dengan praktik pelaksanaan kuis secara langsung. Kepada peserta diberi kesempatan untuk menampilkan kuis dengan quizizz.com. Dalam pelatihan ini, pemateri fokus untuk melaksanakan kuis dengan “Mode Kertas” dimulai dari membagikan kertas Barcode kepada peserta kuis, cara penggunaan Barcode, memulai kuis, hingga penerapannya dalam menjawab soal.


Untuk melihat materi secara lengkap, dapat di akses pada:

  1. https://bit.ly/quizizzsdnkualatuha

  2. atau dengan QR berikut:

A qr code with a white background

Description automatically generated



* * * * * * * * * * * * * * * *

Lampiran


A person standing in front of a table

Description automatically generated

Gbr. 1. Pemateri menampilkan materi pelatihan



Gbr. 2. Pemateri memulai materi pelatihan



A person using a computer

Description automatically generated

Gbr. 3. Pemateri mendampingi peserta membuat akun di www.quizizz.com



A person standing at a table with a computer

Description automatically generated

Gbr. 4. Pemateri mendampingi peserta membuat soal di www.quizizz.com

Gbr. 5. Pemateri memulai kuis di www.quizizz.com



Gbr. 6. Pemateri sedang memindai jawaban peserta

Gbr. 7. Pemateri menampilkan laporan hasil kuis kepada peserta



Untuk melihat Video pelatihan lengkap, dapat di akses pada:

  1. https://bit.ly/vidquizizzsdnkualatuha

  2. atau dengan QR berikut: