langkah-langkah umum untuk melakukan perkalian desimal - PPPK SDN KUALA TUHA

Update

Agus Saputra, S.Pd.I // Guru Kelas VI

langkah-langkah umum untuk melakukan perkalian desimal


Pertama-tama perhitungan perkalian desimal dilakukan seperti perkalian bilangan bulat biasa dengan memperhatikan jumlah titik desimal. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melakukan perkalian desimal:


  1. Tulis bilangan desimal yang akan dikalikan secara berdampingan dengan menyesuaikan jumlah digit di belakang koma (titik desimal).

Contoh: 3,14 dan 2,5



  1. Lakukan perkalian seperti perkalian bilangan biasa tanpa memperhatikan titik desimal.

Perhatikan pemisah vertikal yang dibuat untuk menunjukkan posisi titik desimal pada hasil akhirnya.

Contoh:


  1. Hitung jumlah digit di belakang titik desimal pada kedua bilangan asli.

Pada contoh di atas 3,14 memiliki 2 digit di belakang titik desimal sedangkan 2,5 memiliki 1 digit di belakang titik desimal.


  1. Tentukan jumlah digit di belakang titik desimal pada hasil perkalian dengan menjumlahkan jumlah digit di belakang titik desimal pada kedua bilangan.

Dalam contoh ini 2 + 1 = 3 digit di belakang titik desimal pada hasil perkalian.


  1. Tempatkan titik desimal pada hasil perkalian dengan memasukkannya dari sebelah kanan setelah jumlah digit yang telah ditentukan.

Dalam contoh ini hasil perkalian 7850 harus ditempatkan titik desimalnya setelah 3 digit dari kanan sehingga hasil akhirnya adalah 7,85.


Jadi hasil perkalian 3,14 dengan 2,5 adalah 7,85. (angka nol paling belakang bisa diabaikan, sehingga 7,850 cukup di tulis 7,85)


Penting untuk diingat bahwa saat melakukan perkalian desimal perhatikan penyesuaian dan penempatan titik desimal agar hasil akhirnya sesuai dengan jumlah digit di belakang titik desimal pada kedua bilangan yang dikalikan.


Selamat mencoba mengerjakan perkalian desimal!