Tema 6 Kelas 6 Pembelajaran ke Lima. Fokus Bahasa Indonesia. Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas - PPPK SDN KUALA TUHA

Update

Agus Saputra, S.Pd.I // Guru Kelas VI

Tema 6 Kelas 6 Pembelajaran ke Lima. Fokus Bahasa Indonesia. Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas

Tema 6 Kelas 6 Pembelajaran ke Lima. Fokus Bahasa Indonesia

Tujuan:

Dengan kegiatan membaca bacaan berjudul “Kerukunan di Kampung Wonorejo Papua”, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.

Hasil yang diharapkan:

  • Siswa senang membaca.
  • Siswa mampu memahami isi bacaan.
  • Siswa mampu menyebutkan perkiraan informasi berdasarkan kata kunci dari bacaan.


Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas

Peduli dengan lingkungan bisa dilakukan siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Seperti yang dilakukan Flavian Abe Sam, bocah 11 tahun di Abu Dhabi yang telah mengumpulkan lebih dari 650 kilogram koran bekas dan 60 telepon genggam tak terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus melakukan apa yang kita bisa untuk menjaga lingkungan. Sebuah perbuatan kecil bisa berdampak besar,” ujar bocah yang masih duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar itu.

Apa yang dilakukan Sam itu sebagai bagian dari gerakan daur ulang yang diprakarsai Kelompok Lingkungan Emirat (EEG) dalam kampanye ‘Recycle, Reforest, Repeat’. Sam yang tercatat sebagai siswa di Sekolah Dasar Al Wathba di Abu Dhabi, memulai keikutsertaannya dalam gerakan itu dengan menyumbang 450 kg koran bekas. Kemudian kembali lagi dengan 200 kg koran bekas lainnya.

Sam, dikutip dari Gulfnews, mulai tertarik pada gerakan lingkungan di usia enam tahun saat dirinya mengikuti kegiatan serupa di sekolah. Setelahnya, Sam mulai kerap mengikuti kampanye lingkungan seperti mengumpulkan kertas dan kaleng bekas, serta penghijauan. Sam bahkan mendatangi sejumlah toko elektronik untuk mengumpulkan telepon genggam tak terpakai. ”Aku pernah membaca tentang telepon genggam bekas yang harus dibuang secara khusus karena mengandung racun,” ujarnya.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. Tuliskan pada kolom yang telah tersedia!
  1. Apa judul bacaan di atas?
  2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Sebutkan dua kata kunci pada judul bacaan di atas!
  3. Apa informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci?
  4. Apakah isi bacaan dalam teks sama dengan isi informasi sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu?

Pembahasan:

Alternatif jawaban sebagai berikut:
  1. Judul pada bacaan adalah “Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas.”
  2. Kata kunci pada bacaan adalah aktivis peduli lingkungan dan kumpulkan koran bekas.
  3. Informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci adalah terdapat aktivis yang peduli dengan lingkungan dengan cara mengumpulkan koran bekas.
  4. Isi bacaan setelah membaca semua teks sama dengan dengan isi bacaan sesuai kata kunci.